Wednesday 5 August 2009

UFO Bukan Fenomena

Penampakan UFO ternyata bukan sesuatu yang fenomenal. UFO hanya sebuah fenomena alam biasa yang disebut sprite, kilat di atmosfer atas yang di sebabkan oleh badai.

Cahaya kilat itu sering terjadi, tapi ilmuwan tidak pernah melakukan penelitian sebelumnya hingga secara tidak sengaja merekam dengan kamera pada 1989.


"Kilat dari badai berasal dari medan listrik, menghasilkan kilat yang disebut sprite. Kami kini paham hanya kilat khusus saja yang memunculkan sprite," kata Colin pakar geografi dari universitas Tel Aviv.

Peneliti telah mendeteksi kilat berjarak 56-129 km di atas tanah. Kilat ini berbeda dengan yang biasa berada 11-16 km.

Sprite dapat membentuk bola listrik. Penyebabnya masih belum diketahui, tapi Price mengatakan kemunculannya itu bisa menjelaskan mengenai penampakan UFO yang muncul selama bertahun-tahun. Dan penemuan ini bisa membuat penggila UFO akan kecewa.

Pilot pesawat Jet komersial maupun Astronot sudah sering melaporkan penampakan sprite. Biasanya sprite muncul diikuti dengan fenomena misterius lain yang disebut blue jet.

Price dan koleganya memfokuskan pada sprite musim gugur karena muncul saat musim gugur di utara hemisphere AS. Kamera mampu menangkap badai yang menghasilkan sprite melintas di laut Mediterania.

Teknik Triangular digunakan peneliti untuk menghitung dimensi sprite. "Cahaya sprite setinggi 15 mil dan memiliki lebar 45 mil," kata Price.

Sprite bisa menimbulkan efek dilapisan ozon bumi tapi peneliti menduga dampak globalnya sangat kecil.




No comments:

Post a Comment